Quote

Pround to be my self. Never Say Never to be The BEST OF The BEST

Rabu, 06 Maret 2013

social facilitation


06 Maret 2013/Psikologi Sosial

SOCIAL FACILITATION
(Fasilitasi Sosial)

A.      Pengertian Fasilitasi Sosial
Fasilitasi berasal darikata Perancis facile, artinya mudah. Kata mudah ini menunjukkan kelancaran atau peningkatan kualitas performa karena ditonton oleh kelompok. Kelompok mempengaruhi kualitas performa sehingga terasa lebih mudah dilakukan.(Rahmat:2012)
Menurut David G.Myers arti yang sebenarnya dari Fasilitas sosial adalah  kecenderungan bagi seseorang untuk menampilkan tugas-tugas yang sederhana atau telah dipelajari dengan baik dan menampilkan secara lebih baik ketika orang lain berada diantara mereka. Sebetulnya jika kita telaah lebih jauh lagi Fasilitas sosial bukan menjadi istilah yang tepat dipandang dari beberapa hal, sebab kehadiran suatu kelompok malah menjadi penghambat sebuah  performa atau kinerja. Istilah ini mungkin tepat digunakan pada penelitian-penelitian awal Psikologi sosial yang berkenaan dengan fasilitas social. Triplett(1897) menunjukkan bagaimana prestasi anak-anak meningkat ketika pekerjaan mereka dilakukan dihadapan kelompok.
            Floyd Allport menemukan bahwa fasilitas social tidak selalu memudahkan pekerjaan. Dia dibingungkan oleh adanya banyak orang yang secara konstan mengalami penurunan prestasi bila bekerja ditengah-tengah kelompok.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, fasilitasi sosial adalah dampak kinerja yang berasal dari orang lain. Dampak yang dihasilkan dapat berupa dampak positif (meningkatkan kinerja) dan dapat juga berdampak negatif (menghambat kinerja). Dengan adanya dua dampak tersebut dapat disebut sebagai fasilitasi-hambatan social, yaitu frase yang lebih akurat dalam menggambarkan dampak yang kompleksdari hadirnya orang lain.

B.       Teori Dorongan Atas Fasilitas Sosial
Teori dorongan atas fasilitasi sosial (drive theory of social facilitation) yaitu suatu teori yang menyatakan bahwa dengan kehadiran orang lain dapat menimbulkan keterangsangan dan meningkatkan kecenderungan untuk menunjukkan respon positif terhadap orang lain. Kehadiran penonton yang tertarik dapat meningkatkan aktivitas kita. Ketika aktivitas kita meningkat kecenderungan kita untuk menunjukkan respon dominan. Respon dominan adalah perilaku yang kita kuasai saat itu. Bila respon dominan itu adalah respon yang benar, terjadi peningkatan prestasi/performa. Bila respon dominan itu adalah respon yang salah, terjadi penurunan prestasi/performa.  
Penyebab timbulnya fasilitas sosial dipengaruhi oleh 3 faktor yang diantaranya :
1.      Drive Theory Of Social Facilitation
Seseorang masuk kedalam sebuah kelompok karena adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,: Suatu teori yang mengemukakan bahwa kehadiran orang lain meningkatkan kecenderungan seseorang untuk menunjukkan suatu respon yang dominan.
2.      Evaluation Apprehesion
Kekhawatiran akan evalusi atau penilaian dari orang lain.
3.      Distraction (perhatian yang terpecah)
Distraksi adalah suatu perhatian yang terpecah ke beberapa pokok perhatian lain. Perhatian yang terpecah atau distraksi membuat peningkatan tersendiri pada fasilitas social. Dan ini akan menunjukkan dampak positif atau juga dampak negatif dari kinerja kerja yang telah dilakukan.

C.       Efek Kehadiran Orang Lain Terhadap Kita
Ada tiga factor yang mempengaruhi kita tergugah oleh keberadaaan orang lain:
1.      Kesadaran akan adanya evaluasi
Menurut nikolas cotrrell menduga bahwa para pengamat membuat kita cemas karena kita bertanya-tanya bagaimana mengevaluasi kita.Peningkatan respon-respon dominan akan sangat kuat ketika orang berpikir bahwa mereka sedang di evaluasi.Kecemasan akan evaluasi adalah kepedulian terhadap evaluasi oleh orang lain.Kepedulian seperti ini dapat meningkatkan keterangsangan dan dapat berkontribusi pada fasilitasi social.
2.      Di kendalikan oleh gangguan
Konflik antara memberikan perhatian kepada orang lain dan memberikan perhatian kepada tugas akan memenuhi sitem kognitif kita yang pada akhirnya menyebabkan ketergugahan.Kita di kendalikan oleh gangguan.Ketergugahan tidak hanya dari keberadaan orang lain,namun bahkan dari suatu gangguan bukn berassal dari manusia namun sorotan lampu(Sanders1981b.)
3.      Sekedar keberadaan
Zajonc percaya bahwa sekedar keberadaan orang lain menimbulkan ketergugahan, bahkan tanpa adanya kecemasan karena evaluasi atau gangguan yang bersifat menggugah.Sebagian besar pelari akan terpacu ketika mereka berlari bersama orang lain bahkan bersama seorang yang tidak bertarung atau sedang mengevaluasi mereka.

D.      Eksperimen
Dalam penelitian ini menggunakan subjek binatang kecoa yang berlari memalui labirin sederhana atau labirin kompleks untuk melarikan diri dari cahaya terang. Mereka melakukan kedua tugas baik dengan adanya kehadiran penonton yang terdiri dari 4 kecoa lain/sendirian yang ditempatkan pada kotak-kotak kecil di dalam labirin. Hasil mengindikasikan bahwa 4 kecoa sebagai penonton memfasilitasi kinerja dalam labirin sederhana, tetapi mengintervensi kinerja dalam labirin yang lebih rumit.



DAFTAR PUSTAKA

Baron Robert.A , Byrne Donn. 2003. Psikologi Sosial. Erlangga : Jakarta
Andinia. November 2010. Penyebab Fasilitasi Sosial. www.blogspot.com . 2 Maret 2013 09.45 WIB (Online)
Annisa Avianti. 19 Agustus 2012. Kelompok dan Individu Konsekuensi dari Rasa Kepemilikan. www.wordpress.com . 2 Maret 2012 10:04 WIB (Online)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar